Soal UTS Dan Jawaban

Soal :
    1.Setelah mempelajari konsep Identitas Nasional, kemukakan pendapat Anda mengenai :
       a. Mengapa sebuah bangsa memerlukan identitas?
       b. Apakah bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia benar-benar telah mampu
menyatukan kita sebagai bangsa?
       c. Apakah suatu identitas bangsa dalam kurun waktu tertentu bisa hilang?
       d. Bolehkah kita meniru identitas bangsa orang lain?
       e. Apa yang terjadi jika sebuah identitas bangsa itu hilang?
Jawab :
        a. Untuk membedakan dengan bangsa lain dan untuk menjadi ciri khas bangsa tersebut. Identitas itu wajib memerlukan bagi suatu bangsa,agar memudahkan bangsa lain mengenal dengan bangsa kita. Oleh, karena itu identitas nasional merupakan jati diri dalam mencapai cita-cita dan tujuan hidup bersama sama. Identitas bangsa sebagai landasan bagi sebuah negara untuk berkembang atau tidak nya dan juga pedoman terhadap tingkah laku lingkungan di dalam masyarakat.
        b. Iya. Karena dengan adanya bahasa indonesia, berbagai perbedaan bahasa daerah menjadi tidak masalah karena mereka semua dapat menggunakan bahasa indonesia sebagai alat penyatu keberagaman.Karena hampir setiap daerah di Indonesia telah memiliki berbagai bahasa dan untuk benar-benar mempersatu bangsa indonesia yaitu dengan Bahasa Indonesia.
        c. Mungkin saja bisa karena bisa saja bangsa tersebut melupakan apa identitas negaranya sehingga dapat hilang secara sendirinya dan bisa saja tidak. Sebab dari pengaruh jaman dahulu dan sekarang begitu cepat di kalangan remaja telah membuat banyak generasi muda telah melupakan dan kehilangan jati diri bangsa sebagai bangsa indonesia. Oleh karena itu kita harus mengenali identitas bangsa indonesia dari sejak kecil.
        d. Tidak boleh. karena hal tersebut termasuk dalam pencurian privasi orang lain dan termasuk dalam pemalsuan data diri. Dan juga karena identitas diri sudah punya dari sejak lahir yang juga dari keluarga kita, jika kita memakai identitas orang lain rasa nasionalisme nya hancur.
        e. 1. Hilangnya jati diri kita terhadap bangsa
                Ciri yang ada pada lambang negara kita tidak lagi diperhatikan, sudah tidak peduli lagi, nilai-nilai dalam pancasila tidak lagi di terapkan dan tidak di pikirkan apapun.
            2. Hilangnya rasa Nasionalisme kita
            3. Hilangnya rasa Sosialisasi dan Solidaritas
               Sudah tidak peduli terhadap masyarakat yang sosial,
            4. Kerja sama tidak dapat terjalin
               Tidak ada akan yang bekerja bakti/royong dalam bangsa.
     Sumber : https://salamadian.com/pengertian-identitas-nasional-indonesia/

Soal :
       2. Pengelolaan Sumber Daya Alam yang belum optimal menyebabkan ketimpangan ekonomi dan
sosial. Apa pengaruhnya bagi integrasi bangsa? Apa yang dapat Anda kemukakan pada fenomena
ketimpangan dari gambar dibawah ini?


Jawab : Tentu saja pengelolaan sumber daya alam yang tidak dimanfaatkan dengan baik dapat berdampak pada integrasi bangsa, antara lain terjadinya ketidaksejahteraan masyarakat, meningkatnya pengangguran dan kejahatan.

Menurut saya pada gambar sebelah kiri tersebut menunjukkan bahwa fenomena termasuk ketimpangan sosial bagi ekosistem laut karena bilamana minyak tersebut tumpah ke permukaan laut maka hewan yang hidup di dasar laut akan mati dan mengganggu aktivitas nelayan.

Pada gambar kanan tersebut menunjukkan bahwa fenomena termasuk ketimpangan sosial bagi masyarakat di pinggir selokan karena gedung-gedung pada gambar mengakibatkan perumahan menjadi kumub,sebab mereka seenaknya membuang limbah dan sampah-sampah yang sembarangan tidak melihat akan ada dampak bagi permukiman tersebut dan tidak bertanggung jawab. Permukiman yang kumuh itu menjadi kotor,banyak rumah-rumah yang rusak. Oleh karena itu kesehatan masyarakat pun menjadi buruk/tidak sehat dan kondisi sosial ekonomi masyarakat tingkat pendapatan yang sangat rendah.

Soal :
         3.Salah satu tujuan dari konsitusi adalah memberikan pembatasan & pengawasan terhadap
kekuasaan politik serta jaminan terhadap hak dan kewajiban warga negara. Konstitusi negara kita
adalah UUD 1945. Bagaimana poin-poin penting dalam konstitusi tersebut dilaksanakan di
Indonesia? Jelaskan dan berikan contohnya! Berikan analisa kritis Anda apakah negara kita dapat
dikatakan sebagai negara konstitusional ?

Jawab : a. Membatasi atau mengendalikan kekuasaan penguasa agar dalam menjalankan kekuasaannya penguasa agar dalam menjalankan kekuasaannya tidak sewenang-wenang terhadap rakyatnya
               b. Memberi suatu rangka dasar hukum bagi perubahan masyarakat yang dicitacitakan tahap berikutnya.
               c. Dijadikan landasan penyelenggaraan negara menurut suatu sistem ketatanegaraan tertentu yang dinjunjung tinggi oleh semua warga negaranya.
               d. Menjamin hak-hak asasi warga negara.
                Konstitusi mempunyai nilai yang sangat penting dalam suatu negara, karena negara tidak mungkin terbentuk tanpa adanya konstitusi, karena itulah konstitusi menempati posisi yang sangat krusial dalam kehidupan ketatanegaraan suatu negara. Mengenai arti penting konstitusi dalam suatu negara, menurut Dr. A. Hamid S. Attamimi, dalam disertasinya berpendapat bahwa suatu konstitusi atau Undang-Undang Dasar adalah sebagai pemberi pegangan dan pemberi batas, sekaligus tentang bagaimana kekuasaa negara harus dijalankan. Menurut saya belum bisa dikatakan negara konstitusional, karena belum ada yang menjamin dalam menjalankan kekuasaan tersebut.

Sumber : ppt pancasila sebagai dasar negara dan https://brainly.co.id/tugas/6392281

Soal :
          4. Fotografi berperan dalam dalam perubahan sosial, karena memiliki pesan yang mendalam di setiap gambarnya. Mahasiswa diwajibkan membuat 1 (satu) hasil karya foto (hasil karya sendiri) tentang fenomena dengan tema : Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa. Foto diunggah di blog masing-
masing disertai dengan analisa kritis mengenai fenomena yang tampak dalam foto tersebut serta
berikan rekomendasi/solusi Anda terhadap permasalahan yang dihadapi.

Jawab :

Foto yang diunggah ini saya dapatkan hasil jepretan sendiri yang dalam acara pernikahan, dalam fenomena ini menggambarkan bahwa termasuk nasionalisme dan jati diri bangsa, karena sudah jelas ada ciri khas budaya di indonesia yaitu ialah budaya sunda. Para sinden dan pemeran musik lain sedang mempermainkan musik khas sunda, dan juga baju adat istiadat yang di pakai.

Permasalahan nya zaman sekarang perubahan globalisasi sangat mengembang begitu cepat, banyak orang yang sudah melupakan, tidak peduli dan tidak mau tahu atas ciri khas budaya sunda tersebut, padahal masyarakat tersebut merupakan orang sunda asli bukan luar. Dan tidak di lestarikan , ada juga yang melestarikan tetapi bukan generasi muda atau di kalangan remaja, mereka ingin memakai budaya luar negeri karena ingin dianggap yang mewah dan bagus , padahal itu tidak baik, itu bisa merusak nasionalisme dan jati diri bangsa dan dianggap plagiat.

Solusi dari permasalahan ini menurut saya adalah kita harus mengenalkan ciri khas budaya dari kecil sedikit demi sedikit agar tidak ketinggalan sejarah khas budaya sunda, mengadakan acara-acara tentang alat music khas sunda, budaya sunda, adat istiadat sunda, agar mengenal,menjaga dan mudah memahami nya serta bisa melestarikan nya dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal UTS Dan Jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel